CARA MEMBUAT RPP |
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu
pertemuan atau lebih.RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan
pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap
pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan
sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi
aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan
kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis
peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali
pertemuan atau lebih.
Pengembangan RPP dapat
dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud
agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan
pembelajaran.Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun
berkelompok dalam kelompok kerja guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah
koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.Kurikulum 2013
untuk sekolah dasar (SD) menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif
dari kelas I sampai kelas VI. Pengembangan RPP disusun dengan mengakomodasikan
pembelajaran tematik atau disebut dengan RPP Tematik.
Dalam implementasi Kurikulum
2013, tema tidak dinegosiasikan dengan siswa, tetapi sudah ditetapkan oleh
pemerintah, bahkan silabus tematik, buku guru, dan buku siswa telah disediakan
oleh pemerintah. Untuk keperluan penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di
kelas, guru dapat mengembangkan RPP Tematik dengan memperhatikan silabus
tematik, buku guru, dan buku siswa yang telah tersedia serta mengacu pada
format dan sistematika RPP yang berlaku.
A. Komponen Penyusunan RPP
Apa
saja Komponen Penyusunan RPP ?. Komponen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Permendikbud terbaru
Thaun 2016 terdiri atas 13 bagian.
a.
Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan.
b.
Identitas mata pelajaran atau tema/subtema.
c.
Kelas/semester.
d.
Materi pokok.
e.
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban
belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus
dan KD yang harus dicapai.
f.
Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
g. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan
berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati
dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
h.
Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan,
dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator
ketercapaian kompetensi.
i. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik
untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang
akan dicapai.
j. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses
pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran.
k.
Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar,
atau sumber belajar lain yang relevan.
l. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan
melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.
m.
Penilaian hasil pembelajaran.
B.
Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP
Apa
saja Prinsip-Prinsip Penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip Penyusunan RPP sebagai
berikut:
a.
Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat
intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi,
gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya,
norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
b.
Partisipasi aktif peserta didik.
c.
Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat,
kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
d.
Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan
kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai
bentuk tulisan.
e.
Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian
umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan
antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian
kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman
belajar.
g.
Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran,
lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
h.
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis,
dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
C.
Cara Membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Yang Baik
Adapun Cara Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Yang Baik adalah
sebagai berikut
1) Mengkaji Silabus Tematik
Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu dalam
pelaksanaan kurikulum sekolah dasar. Komponen silabus mencakup: kompetensi
inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian,
alokasi waktu, dan sumber belajar. Silabus berfungsi sebagai rujukan bagi guru
dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).Pada Kurikulum 2013,
silabus tematik telah disiapkan oleh pemerintah, guru tinggal menggunakan
sebagai dasar penyusunan RPP. Guru memilih kegiatan-kegiatan pembelajaran yang
sesuai dengan tema/subtema yang akan dilaksanakan pada satu pertemuan atau
lebih. Kegiatan yang dipilih harus mencakup kegiatan pembelajaran sesuai dengan
standar proses.
2) Mengkaji Buku Guru
Buku
guru berisi tentang:
a.
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI).
b.
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) 1 dan 2 serta KD 3 dan 4.
c.
Ruang lingkup pembelajaran untuk satu sub tema yang terdiri dari 6 pembelajaran
dalam 1 minggu (untuk kelas I).
d.
Pemetaan indikator pembelajaran untuk setiap pembelajaran.
e.
Setiap pembelajaran berisi tentang uraian kegiatan pembelajaran yang mencakup:
1)
Nama kegiatan
2)
Tujuan pembelajaran
3)
Media dan alat pembelajaran
4)
Langkah-langkah kegiatan
5)
Penilaian.
f.
Setiap akhir pembelajaran, guru hendaknya melakukan kegiatan refleksi untuk
melakukan kegiatan remedial dan pengayaan.
3) Mengkaji Buku Siswa
Buku
Seri Pembelajaran Tematik terpadu untuk siswa disusun mengacu pada kurikulum
berbasis kompetensi.Buku siswa memuat rencana pembelajaran berbasis
aktivitas.Didalamnya memuat urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam
kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa.Buku ini mengarahkan yang harus
dilakukan siswa bersama guru untuk mencapai kompetensi tertentu, bukan buku
yang materinya dibaca, diisi, atau dihafal.
Buku
guru dengan cakupan isi tersebut di atas, sangat membantu dan membimbing guru
dalam menyusun RPP.Beberapa catatan yang berkaitan dengan buku guru, buku
siswa, dan sistematika RPP sebagai berikut.
a.
Sistematika RPP berbeda dengan sistematika urutan pada buku guru dan buku
siswa.
b.
Metode pembelajaran belum disajikan secara eksplisit dalam buku guru.
c.
Cakupan materi sangat luas berbasis aktivitas.
d.
Kegiatan pembelajaran belum terinci, pendahuluan, inti, dan penutup.
e.
Pendekatan saintifik belum terlihat secara nyata.
Demikian Komponen dan Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP,
moga-moga ada manfaatnya
EmoticonEmoticon